Dampak Positif dan Negatif Root Android

11:30:00 AM
Mungkin diantara kalian pernah melakukan root pada smartphone android, untuk apa ? Tentunya untuk alasan tertentu yang membuat kalian harus melakukan root di smartphone android. Walaupun demikian, tapi masih banyak pengguna smartphone yang menghindari rooted terjadi di smartphone mereka.

Pengguna smartphone android yang menghindari root ini mempunyai alasan tersendiri. Tapi yang sering terjadi karena mereka tidak tahu bahaya atau tidak melakukan root di smartphone android.

Mungkin itu salah satu penyebab yang membuat mereka menghindari root. Maka dari itu disini saya coba membahas sedikit tentang dampak positif dan negatif root terhadap android. Agar kita semua bisa tahu apa saja si efek yang di timbulkan pada smartphone ketika sudah di root.

Dampak Positif & Negatif Root Android

Dampak Negatif Melakukan Root
Root Android
Root jika di terjemahkan ke bahasa Indoneia adalah akar, saya sering memberikan penjelasan ke teman saya jika mereka bertanya apa itu root ? Saya selalu menjawab yang mudah di mengerti oleh mereka, jawaban saya yaitu "Root itu bahasa Indonesianya akar, Jadi aplikasi-aplikasi system atau aplikasi bawaan android dan file systemnya itu akar, Jadi kita butuh akses root biar bisa mencabut, merubah ataupun memindahkan aplikasi bawaan androidnya". Sedangkan dampak positif dan negatif dari root kalian bisa simak di bawah ini !

Dampak Positif Melakukan Root di Android

Sangat mudah, Pertanyaan pertama saya kepada kalian yang ingin melakukan root. Kalian melakukan root di smartphone android untuk apa ? Jawaban yang kalian berikan ke saya adalah salah satu dampak positif dari root. Sedangkan untuk dampak positif lainnya adalah :
  1. Memperkuat Kinerja RAM dengan memanfaatkan aplikasi LINK2SD
  2. Melakukan pemasangan CWM
  3. Mengedit, memindahkan atau menghapus aplikasi bawaan android
  4. Mengedit File yang berada di dalam aplikasi (Misal : Merubah peringatan warning battery, Merubah boot animation dan lain-lain)

Dampak Negatif Melakukan Root di Android

Melakukan Root di smartphone android tentunya memiliki dampak negatif tersendiri yang di rasakan, dampak negatifnya antara lain :

  1. Smartphone cepat panas karena smartphone bekerja tidak seperti biasa.
  2. Garansi smartphone hilang, antara lain jika terdapat fitur pembaruan operasi system kalian tidak dapat memperbarui ke operasi system yang lebih baru.
  3. System keamanan rentan di masuki malware (Hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan pengguna, ada yang bilang root memperkuat system keamanan dan ada juga yang bilang rentan terhadap malware).

Nah, itulah dampak positif dan negatif root terhadap smartphone android. Bagaimana, apa kalian ingin masih melakukan root pada smartphone android kalian ?

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan