Merubah File System Memory Card ke FAT 32 Tanpa Memformat

8:50:00 PM
Mungkin diantara kalian pengguna smartphone android merubah file system memory card ke FAT 32 menjadi hal yang sering di lakukan dalam keadaan yang sangat penting. Tapi sering kali ketika kita ingin merubah file system memory card menjadi FAT 32 kita harus melakukan format memory card terlebih dahulu untuk melakukan perubahan ke FAT 32. Tentunya hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama, karena sebelum melakukan format mau tidak mau kita harus memindahkan data yang tersimpan di memory card ke tempat penyimpanan komputer.

Jika data tidak kita pindahkan, kita harus rela kehilangan data yang tersimpan di memory card tersebut karena efek dari format memory card. Pastinya kalian tidak maukan kehilangan semua data-data yang sudah tersimpan cukup lama di memory card. Jadi kita harus rela menunggu lama demi proses pemindahan data dari memory card ke penyimpanan komputer.

Namun ternyata ada cara yang lebih efektif dan cepat untuk merubah file system memory card ke FAT 32 tentunya cara ini tanpa memformat memory card. Jadi kalian tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan tentunya juga tidak akan kehilangan data atau file yang tersimpan di memory card. Cara ini berhasil saya lakukan dan saya tidak kehilangan data pribadi yang ada di memory card saya.

Merubah File System Memory Card Ke FAT 32

Kalian memerlukan sebuah komputer, laptop atau notebook dan sebuah software yang bernama mini tools partition untuk melakukan perubahan file system tanpa harus memformat memory card. Setelah semua bahan sudah siap langkah selanjutnya adalah :
  1. Sambungkan Memory card menggunakan card reader atau langsung dari Smartphone menggunakan kabel data
  2. Buka Mini tools partition
  3. Pilih media penyimpanan yang ingin kalian ubah (Jika menggunakan kabel data, teliti terlebih dahulu jangan sampai memory telepon yang kalian ubah)
  4. Klik kanan pada media penyimpanan > Pilih Modify > Pilih Change Partition Type ID. Lihat gambar di bawah !
Merubah File System Memory Card Menjadi FAT 32
Mini Tools
  1.  Setelah itu akan tampil kotak dialog, pada opsi "Please select predefined ID from the list" silakan kalian ubah menjadi 0x0B FAT32 dan pilih Yes.
  2. Pilih Apply di pojok atas dan lalu pilih yes untuk mengakhiri proses. Silakan tunggu sampai proses selesai.

Selesai, kini type file system kalian berubah menjadi FAT32 dan data atau file pribadi kalian tidak akan hilang karena terhapus. Kini memory card kalian sudah siap di pasang kembali di smartphone android kalian. Itulah akhir dari artikel Merubah File System Memory Card ke FAT 32 Tanpa Memformat. Silakan tinggalkan komentar kalian di bawah jika ada yang ingin di tanyakan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan